Monday, August 25, 2008

Bekas Bioskop "Dola Buthak"


Bioskop satu-satunya di kota Bangil, yang berada di sebelah selatan Jl. A. Yani atau lebih terkenalnya daerah Panggung. Bioskop yang dimiliki oleh keluarga Mumtaz, yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan Bioskop "Dola Buthak".

Bioskop ini telah mengalami jaman keemasan, di tahun 60-70'an. Dengan diputarnya film-film India, Barat bahkan film produksi kita sendiri. Masyarakat Bangil pasti pernah masuk kedalamnya. Di tahun 80'an jamannya Pak Harto, apabila telah beredar film perjuangan seperti "Cut Nyak Dien", "Bandung Lautan Api", dll, kita sebagai siswa SD/SMP di'wajib'kan oleh guru untuk menonton film tersebut. Tiketnya juga dikoordinir oleh Bapak/Ibu guru kita :D.

Di tahun 90'an, dengan munculnya bioskop baru di daerah 'Pasar Kidul' dan 'PlaSa Bangil' dengan bangunan yang lebih baru, menjadikan bioskop ini terkenal sebagai bioskop pemutar film-film India. Seiring munculnya TV swasta, menjadikan bioskop ini tenggelam ditinggalkan oleh penonton.

Karena bangkrut, maka oleh pemiliknya dialih fungsikan menjadi tempat perbelanjaan seperti pada gambar diatas.

seputarbangil.blogspot.com

11 comments:

Anonymous said...

dolah buthak....
pertama kali nonton bioskop, saya nonton koboi diajak bapak.
pertama takut karena suasana serem, tapi akhirnya asyik. yang paling kuingat paradigma nonton di dola buthak adalah kalau diatas pasti gatel karena banyak kutu, kalau dibawah selain "dangak", kadang di ludahi atau di lempar "sesuatu" dari atas. hmmmm..... kalo pilem roma irama pasti rame.
india... apa lagi....
mungkin tutup karena pilem kurang update. keduluan vcd bajakan

Anonymous said...

inget masa lalu...

wahyu nurdiyanto said...

dulu nonton pertama di sana film bmx bandit, pas seh sekolah sd, diaajak bapak.
sejak itu kerajingan sepeda bmx sampe sikil bundas bundas niru niru atraksi.
wah bioskop legendaris di bangil, aduh.. kangen bangil. sesuk minggu nang bangil..tilik sedulur nang gempeng dan mendalan.
mbiyen pas cilik, urip nang daerah pandean, ono tonggo sing seh mambu sedulur karo si Dola Buthak, kadang sering di ece, `Es ganepo roti apolo, becak mlebu kampung dola butak kenek pentung` hahaha
masa kecil yang nikmat
terima kasih mas untuk menghadirkan memori indah ini.. *halah

Anonymous said...

yg pasti sih film India,
tapi mase zaman orang tua dulu,
banyak kenangan nya.

Entha said...

Bioskop Indonesia atau dolah buthak merupakan bioskop kenangan aku sering nonton disini mulai dari tahun 80an sampai awal 90an, siapa yang inget sama mbak yang bisu di kantin hayooo?

Anonymous said...

Numpang lewat

Dulu sering sekali nonton di bioskop ini bukan karena rencana nonton, tapi karena pas lagi jalan2 sama bapak beli bakso di seberang bioskop ketemu wan dolah dan dipaksa nonton - gratis, sekeluarga.

Anonymous said...

Film2 yg kutonton yg masih kuingat :

- Dendam Membara;
- Tarzan (Barri Prima);
- Saur sepuh 1 (Satria Madangkara);
- Saur sepuh 2 (Psnggrahn Kramat);
- Saur sepuh 3 (Istana Atap Langit);
- Tutur Tinular 1 (Pdang Naga Puspa);
- Msteri Gnung Merapi (Mak Lampir) 1;
- 10 Nopember (Wajib, thn 1991);
- Tai Chi Master (Jet Lee);
- Street Fighter V (Van dame);
trakhir......
- Tommorow Never Dies (James Bond);

Yang laen nonton di Plaza & Pasar Kidul

Sigit - Ngarep Kejaksaan

Anonymous said...

aku inget banget ama mbak bisu yang di kantin itu, aku sering di ajak bapakku nonton film warkop dan india, emang betul kalo di ata emang gatel krn banyak kuthunya.krn apakku tentara makanya aku sering nonton ngak bayar......he he he he alias gratisan. layarnya lebar banget
dan bangku kayunya itu lho yang panjang banget. kantinnya deket toilet,di tengah film biasanya ada istirahatnya buat penonton yang mau ke toilet
atau beli camilan.
aku kangen banget ama suasana itu. ngak bisa di beli dengan duit (ibe adi)

Unknown said...

Ada yang punya foto foto bioskop bioskop di Bangil jaman dulu,jadi rindu suasana waktu itu

Unknown said...

Buat yg punya foto foto bioskop bioskop jaman dulu di bangil.tolong di share ya... Terimakasih banyak sebelumnya.saya rindu sekali suasana seperti waktu msh sekolah dulu.sering nonton di bioskop bioskop Bangil.

Unknown said...

Dimana letak kuburan wan dolah ya